Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siswa dan Guru SMKN 1 Jeunieb Ikuti Pelatihan Jurnalistik Dasar


Erika Syifaq siswa kelas XI Perhotelan dan Yuanita, SPd Guru Bahasa Inggris, keduanya dari SMKN 1 Jeunieb bersama ratusan guru dan siswa SMA/SMK se-Kabupaten Bireuen mengikuti Pelatihan Jurnalistik Dasar di Aula SMAN 1 Bireuen, 4-5 September 2024. Kegiatan ini diselenggarakan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bireuen.

Pelatihan ini menghadirkan dua narasumber dari Persatuan Wartawan Indonesia, Ariadi B Jangka (Ketua PWI Kabupaten Bireuen) dan A Hadi Djuli (Sekretaris Divisi Hukum PWI Aceh)

Dalam penyampaian materi, Ariadi memaparkan tentang dasar-dasar jurnalistik serta kiat-kiat menjadi wartawan. Saat ini ada beberapa orang yang mengaku-ngaku sebagai wartawan, padahal mereka tidak paham akan jurnalistik dasar serta kode etiknya. Mereka hanya mengambil keuntungan pribadi saja. 

Dengan adanya kegiatan ini,  Ariadi menghrapkan lahirnya generasi wartawan yang memiliki jiwa keberpihakan pada kebenaran, berdasarkan hati nurani dan pertimbangan moral dalam menulis berita.

Dalam kesempatan yang sama, para peserta pelatihan juga mendengarkan pemaparan materi tentang etika wawancara yang disampaikan A Hadi Djuli

"Wartawan akan dimintai pertanggung jawaban atas berita yang disiarkannya. Menulis berita tidak boleh sampai merusak nama baik orang lain. Berita yang disampaikan pun harus berdasarkan fakta yang sudah diverifikasi terlebih dahulu,” ujarnya.

Karena itu, A Hadi menegaskan, dalam mewawancarai serta menulis berita hendaknya mengikuti Kode Etik Jurnalistik dan Kode Perilaku Wartawan, agar terhindar dari jerat UU ITE yang berlaku.

Penulis Erika Syifaq

Editor Humas

Posting Komentar untuk "Siswa dan Guru SMKN 1 Jeunieb Ikuti Pelatihan Jurnalistik Dasar"