Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SMKN 1 Jeunieb Gelar Pelatihan Penanganan Kebakaran bersama Damkar

SMK Negeri 1 Jeunieb berkolaborasi dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Bireuen (Pos Damkar Simpang Mamplam) menggelar pelatihan dan simulasi penggulangan bencana kebakaran di Halaman Upacara SMK Negeri 1 Jeunieb, Kamis (19/9/2024). Kegiatan diikuti oleh siswa kelas X dan XI Konsentrasi Keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan (KNPI) dan Teknika Kapal Penangkap Ikan (TKPI) sejumlah 32 siswa. Bentuk kegiatan berupa penjelasan teori dan praktik dan juga dilakukan simulasi pemadaman dan penenggulangan bencana kebakaran.

Dalam arahannya, Kepala SMKN 1 Jeunieb Feri Irawan, SSi, MPd mengajak peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan penuh disiplin dan bertanggungjawab. Kegiatan ini menjadi bagian penting dari mata pelajaran yang wajib dipelajari di kurikulum sekolah, terutama Bidang Kemaritiman. Materi yang disampaikan pada pelatihan ini diantaranya pemahaman bagaimana mengelola api, memadamkan api dengan baik dan benar, bahaya kebakaran, pencegahan bahaya kebakaran, penanggulangan bahaya kebakaran, alat pemadam api, usaha pencegahan tanggap kebakaran, cara yang dilakukan dalam pemadaman kebakaran, serta prosedur darurat darurat. 

Selain itu juga di tunjukan dan di jelaskan pengetahuan alat-alat untuk memadamkan api, dan cara penggunaannya. Salah seorang petugas Damkar M. Nasir mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan pelatihan pencegahan bencana kebakaran yang diinisiasi oleh SMK Negeri 1 Jeunieb. 

“Ya, yang jelas kami memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut. Apalagi kondisi cuaca seperti sekarang dimana banyak wilayah dan daerah yang mudah terjadi bencana kebakaran diperlukan kesadaran dan pemahaman seluruh elemen terhadap bahaya masyarakat dan prosedur penanggulangan bencana kebakaran sehingga bisa mencegah terhadap kemungkinan kerugian dan korban yang terjadi,” ujarnya



Pihaknya juga berharap dengan pelatihan ini para siswa dan guru bisa menjadi lawan yang tahu dan memahami prosedur penanggulangan bencana kebakaran.

Taruna SMK Negeri 1 Jeunieb sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, selain mendengarkan penjelasan, dan demonstrasi alat, para taruna juga diperkenankan melakukan praktek memadamkan api, dalam kegiatan simulasi kebakaran.


Penulis FeraA

Editor RiskiA

Posting Komentar untuk "SMKN 1 Jeunieb Gelar Pelatihan Penanganan Kebakaran bersama Damkar"